Cara setting aplikasi java di Nokia 3110c

Mungkin banyak dari kamu yang belum bisa menikmati asyiknya chatting di hp pake Mig33 or Nimbuz dan juga internetan pake Opera Mini, bukan karena hp nya gak support gprs, tapi karena settingannya yang masih salah.

Jadi inget....... dulu waktu pertama kali coba chatting Mig33 di hp Nokia 3310c susahnya minta ampun, padahal udah ada settingan gprs indosat bawaan dari Nokia, tapi kok gak bisa!. Langkah pertama yang aku tempuh adalah minta settingan gprs via OTA dari operator, settingan pun datang, tapi ternyata kawan-kawan......! (sekali lagi ah...), tapi ternyata kawan-kawan.....! cuman bisa buat surfing pake browser bawaan hp doang, pas buat chatting pake Mig33 atau surfing pake Opera Mini tetep aja gak bisa, selalu muncul "connection error". Coba nelpon operator, jawaban si mbak operator sama sekali gak ngebantu (maaf ya mbak operator), tanya ke Om Google... gak dapet tanggapan, sampai akhirnya setelah coba obrak-abrik semua settingan di hp akhirnya ketemu juga biang keladinya.

Ternyata...eh ternyata...yang menjadi biang keladinya ada pada settingan jalur aksesnya. Dulu saya sama sekali gak ngerti yang namanya jalur akses, yang saya tau... kalo udah dapet settingan gprs dari operator berarti semuanya udah beres, mau surfing kek...chatting kek... nenek-nenek kek... harusnya bisa.

Tapi itu dulu, sekarang udah bisa euy.....

Bagi kamu yang mungkin nasibnya sama kaya saya dulu, coba deh ikuti tipsnya berikut ini (bukan bermaksud ngajarin lho, cuman berbagi pengalaman, kali aja ada manfaatnya) Amin

Saya pake Nokia 3110c (kartu Im3) dan mungkin bisa di pake untuk Nokia type lain yang berbasis Java

1. Masuk ke menu Pengaturan → Konfigurasi → Pengaturan konfigurasi pribadi
2. Tekan Pilihan → Tambah baru → Jalur akses
3. Lalu isikan parameter seperti ini
Nama account = jalur akses m3
Pengaturan jalur akses → Pembawa data = Paket data
→ Pengaturan media → Jalur akses paket data = www.indosat-m3.net
→ Jenis jaringan = IPv4
→ Jenis kaslian = Normal
→ Nama pengguna = gprs
→ Sandi = im3
4. Sampai disini kamu sudah membuat jalur akses baru
5. Untuk mengaktifkannya, kembali ke menu utama lalu pilih Pengaturan → Konfigurasi → Jalur akses pilihan
6. Tekan Pilih lalu pilih jalu akses m3

Semoga membantu
Kalau masih juga gak bisa, jangan salahkan saya, coba kamu instrospeksi diri, mungkin kamu terlalu sering menyakiti hati orang tua, jadi orang tua kamu gak rela anaknya menikmati indahnya chatting di hp, mohonlah ampun pada orang tua, agar semua keinginan kamu dipermudah oleh Tuhan, berkat ke-ridho-an orang tua (emang ngaruh?)